-- Motor injeksi, pasti mendapat anjuran pada saat menyalakan mesin untuk menunggu lampu indikator padam terlebih dahulu.
Sebagian Anda mungkin sudah tahu kenapa harus menunggu dulu, tapi untuk yang belum tahu, berikut ini bisa Anda ketahui penjelasannya.
Dikutp dari laman penggemar facebook bernama NGS Batteries, Selasa (1/3/2016), lampu indikator yang mati memiliki fungsi untuk memastikan bahwa tidak ada part injeksi yang bermasalah.
Lampu indikator mati itu dilakukan agar si pengemudi memastikan komponen injeksi tidak ada yang bermasalah sebelum motor benar-benar dihidupkan.
Kalau lampu indikator itu tidak mati, dan justru terus berkedip, maka dapat dipastikan ada yang salah dari sistem injeksi.
Kedipan motor pun ternyata punya artinya sendiri.Durasi kedipan yang berbeda menandakan adanya masalah di komponen yang berbeda pula.
Sebagai contoh sepeda motor injeksi Yamaha.
Menurut salah satu sumber di internet, nyala lampu indikator 1 detik dibacanya 10, sedangkan nyala dengan durasi 0,5 detik dibaca 1.
Lampu akan mati selama 1,5 detik sebagai penjeda dengan nyala sebelumnya.
Terakhir, lampu yang mati selama 3 detik diartikan sebagai tahap awal untuk menunjukkan kerusakan lain.
Dari rumus ini, maka dapat disimpulkan bagian mana yang rusak.
Misalnya, jika kedipan 1 detik terjadi dua kali, maka angkanya jadi 20.Lalu lampu 0,5 detik nyala sebanyak 8 kali, maka kode kerusakan adalah 28 (20+8).
Di motor Yamaha, angka 28 merupakan kode kerusakan dari sensor suhu mesin.
Ingin Beli Sepeda Motor Bekas ? Simak Tips Berikut, Jangan Segan Bawa ke Bengkel
Membeli sepeda motor bekas jadi alternatif terbaik bila terbentur dengan masalah dana.
Namun, ketika sudah membeli yang bekas jangan lantas langsung dipakai, sebaiknya serahkan ke bengkel terlebih dahulu untuk diperiksa.
Dadang, Service Advisor Yamaha Persada Motor mengatakan, untuk sepeda motor yang usianya sudah di atas tiga tahun wajib ditanyakan apa sudah pernah turun mesin.
Maksudnya turun mesin bukan karena rusak tapi perbaikan."Dari situ nantinya harga juga bisa diturunkan untuk penawaran, dengan alasan untuk biaya servis. Karena turun mesin untuk perbaikan penting bagi sepeda motor di atas tiga tahun," ujar Dadang kepada Otomania, akhir Desember 2015 lalu.
Kemudian setelah dibeli, lanjut Dadang, tetap lakukan pemeriksaan ke bengkel.
Biasanya yang wajib yaitu servis besar bukan turun mesin.
Nantinya dari situ bisa ketahuan apa kendaraan harus turun mesin atau tidak.
"Jangan langsung turun mesin, tapi terlebih dahulu servis besar, karena biayanya akan lebih banyak keluar. Biaya untuk servis besar hanya Rp 150.000 untuk matik dan moped (bebek), serta Rp 200.000 untuk sport," ujar Dadang.
Dadang menambahkan, baru kemudian jika memang diperlukan lakukan servis turun mesin.
Lama pengerjaannya 5-7 hari.Ini dimaksudkan agar pemeriksaan tidak terburu-buru, dan mesin bisa dibenahi dengan baik.
Biaya turun mesin untuk bebek dan Skutik Rp 200.000 sementara untuk sport Rp 225.000
Kunci Stang ke Kanan Lebih Aman dari Pencurian Motor
Akhir-akhir ini banyak orang tidak bertanggung jawab mencuri sepeda motor kesayangan kita.
Pelakunya beragam, dari kaum pria, wanita, dewasa, bahkan anak-anak.
Sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko menjadi korban pencurian motor.
Paling penting selalu mengunci motor, jangan lupa untuk menutup lubang kuncinya dengan pengaman bermagnetAda baiknya ditambah kunci pengaman lainnya.
Menggembok disc brake bisa menjadi satu di antara banyak pilihan.
Dilansir laman WeloveHonda, Kamis 18 Februari 2016, ada satu hal yang jarang diketahui orang.
Metode ini amat sederhana, yaitu mengubah arah setang pada saat Anda mengunci motor.
Pada umumnya hampir semua pemilik motor menghadapkan setang ke arah kiri.
Hal ini sudah menjadi kebiasaan, dikarenakan mengikuti kebiasaan pemilik motor yang lainnya.
Untuk mengurangi risiko motor Anda dibobol, hadapkan setang ke arah kananAda baiknya ditambah kunci pengaman lainnya.
Menggembok disc brake bisa menjadi satu di antara banyak pilihan.
Dilansir laman WeloveHonda, Kamis 18 Februari 2016, ada satu hal yang jarang diketahui orang.
Metode ini amat sederhana, yaitu mengubah arah setang pada saat Anda mengunci motor.
Pada umumnya hampir semua pemilik motor menghadapkan setang ke arah kiri.
Hal ini sudah menjadi kebiasaan, dikarenakan mengikuti kebiasaan pemilik motor yang lainnya.
Untuk mengurangi risiko motor Anda dibobol, hadapkan setang ke arah kanan
sumber : http://bogor.tribunnews.com/2016/03/01/ini-alasan-kenapa-sebelum-nyalakan-mesin-motor-harus-tunggu-lampu-indikator-mati?page=7
sumber : http://bogor.tribunnews.com/2016/03/01/ini-alasan-kenapa-sebelum-nyalakan-mesin-motor-harus-tunggu-lampu-indikator-mati?page=7
0 Komentar